Bagi anda yang ingin mesan madu hubungi kami ke: 00967714308986 atau Email: abu.ishaq85@gmail.com Terimakasih.

Marquee

Sabtu, 23 April 2011

Mengenal Habbatussauda (Jintan Hitam)


Ada beberapa hadits yang menyebutkan Habbatussauda / jintan hitam, diantaranya:

Dari Aisyah radiallahu’anha, ia mengatakan bahwa dirinya pernah mendengar Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Sesungguhnya jintan hitam dapat menyembuhkan segala penyakit kecuali mati” (HR. Bukhari)
Dari Abu Hurairah radiallahu’anhu, ia mengatakan bahwa dirinya pernah mendengar Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Di dalam jintan hitam terdapat penyembuh dari segala penyakit kecuali kematian” (HR. Bukhari)
Dari Sa’id bin Al-Musayyah, ia mengatakan bahwa Abu Hurairah pernah mendengar Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Sesungguhnya di dalam jintan hitam terdapat penyembuh dari segala penyakit kecuali kematian.” (HR. Muslim)
Dari Abu Hurairah radiallahu’anhu, ia mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Tidaklah suatu penyakit melainkan dalam jintan hitam terdapat penyembuhnya kecuali kematian” (HR. Muslim)Dari Ibnu Umar radiallahu’anhu, ia mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Konsumsilah Jintan hitam, sebab di dalamnya terdapat penyembuh dari segala penyakit kecuali kematian” (HR. Ibnu Majah dan An-Nasa’i)

Habbatussauda mempunyai beberapa nama lain seperti: Syuwainiz (persia), Jintan hitam (Indonesia), Black seed (English), dan dalam bahasa arab ada beberapa istilah seperti, Habbah Mubarakah, Al-Kamun Al-Aswad, Al-Kamun Al-Akhal, Al-Basymah dan lain-lain. Nama latinnya adalah Nigella Sativa. Berikut klasifikasi ilmiah dari Jintan Hitam (wikipedia)



Kerajaan:

Plantae
Divisi:

Magnoliophyta
Kelas:

Magnoliopsida
Ordo:

Ranunculales
Famili:

Ranunculaceae
Genus:

Nigella
Spesies:

N. sativa
Nama binomial Nigella sativa

Tanaman ini berasal dari Afrika Utara, Eropa Selatan dan Asia Selatan. Merupakan jenis tanaman bunga, tumbuh setinggi 20-50 cm, berbatang tegak, berkayu, dan berbentuk bulat menusuk. Bunganya berbentuk beraturan, berwarna biru pucat atau putih, menarik, dengan 5 sampapi 10 mahkota bunga. Buahnya keras seperti buah Buni, berbentuk besar menggembung berisi 3-7 unit polike, masing-masing berisi banyak biji, dan sering digunakan untuk rempah-rempah. Memiliki rasa pahit yang tajam dan bau seperti buah stroberi, bijinya berwarna hitam pekat.

Komposisi dari habbatussauda, antara lain:

1. Minyak mencapai sekitar 28%
2. Zat besi dengan ukuran 631 bagian dalam satu juta
3. Posfat dengan ukuran 1123,5 bagian dalam satu juta dalam bentuk oksi
4. Dlimonena, Simena, Glukosida, Saponin, Jigelin, Nigellone dan Timoquinone
5. Selain itu kandungan Nutrisinya terdiri dari 21% protein, 38% karbohidrat dan 35% minyak nabati, vitamin A, B, B2, Niacin dan Vitamin C, Kalsium, Potassium, Zn, Magnesium dan Selenium.


Efek Farmakologi Habbatussauda
Analgesik (pereda nyeri), anti depresan (penenang), antitusif, anti asma, menghancurkan batu ginjal, anti inflamasi (anti radang), meningkatkan daya ingat, mengatasi impotensi (aprrodisiac), antihipertensi (penurun tekanan darah), anti diare, mengobati gangguan lever (hepato protector), anti diabetes, vasodilator perifer (pelebar pembuluh darah tepi, anti infeksi, antidisentri dan tipoid, antitoksin, antirematik, antipiretik (penurun panas), mengatasi gangguan pencernaa, mengatasi nyeri haid dan tidak lancar datang bulan, antikanker.


Karena manfaatnya tersebut, habbatussauda selain bisa dikonsumsi langsung tanpa campuran baik dalam bentuk serbuk untuk campuran minuman atau makanan maupun dalam kemasan kapsul juga menjadi bahan campuran dari obat herba lainnya.

Dirangkum dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar